Tuesday, March 3, 2009

Masalah Persholatan

Sholat adalah kebutuhan, bukan kewajiban... Tapi apa jadinya kalo sholatmu itu cuma sebuah kebiasaan?

Sholat di negeri orang emang rada susah, apalagi kalau penduduknya bukan mayoritas Islam. Nggak ada masjid, musholla, ataupun adzan. Kalau lagi nggak pergi kemana-mana sih tinggal ngecek jadwal sholat di islamicfinder.org trus sholat di kamar deh. Tapi kalo lagi travelling seharian mau sholat dimana? Kalo travellingnya sendirian, kita bisa ngecek masjid terdekat lewat internet trus mampir deh. Kalo travellingnya bareng-bareng dan udah dijadwal ketat gimana dong? Mau permisi ke masjid juga nggak enak rasanya, mau nyari tempat yang bisa dipake sholat juga susah, apalagi kalo nggak di kota besar. Hhmm...kalo gitu sih masalah kreativitas aja. Tapi, kira2 Allah maklum gak ya?

Yap, banyak banget pertanyaan2 yang muncul di kepala kalo udah nyangkut masalah persholatan. "Gimana", "dimana", "kapan", dan "boleh gak ya" langsung berlompatan di pikiran kita. Keterbatasan ilmu agama yang kita punya sangat mempengaruhi hal-hal seperti ini. Seperti diriku yang dangkal banget ilmu agamanya ini, selalu diserang pertanyaan2 macam itu, tapi selalu berakhir dengan jawaban "Insya Allah gak papa deh, yang penting niatnya baik" Hahaha. Mau gimana lagi dong? -_-!

Aku sering banget dapet masalah persholatan ini selama homestay-ku di Amrik sejauh ini. Hostfam-ku yang non-muslim dan komunitas sekitar yang jarang banget ada orang muslimnya menjadi salah satu alasan. Kalau lagi ada acara bareng Exchangies yang lain, awalnya aku agak lega, kan banyak siswa muslimnya tuh. Tapi, setelah aku mencari tahu, berawal dengan iseng2 nanya ke beberapa siswa muslim, "Eh, kamu sholat gak?" atau langsung to the point, "Eh, sholat yuk!", I finally found out...ternyata mereka gak sholat! Or...not that I know of. Aku juga pernah nginep sama temen muslimku selama 3 hari dan aku gak pernah liat dia sholat.
Malahan, ada temen muslimku yang bilang, "Aku nggak sholat soalnya aku nggak ngerasa pengen dan butuh sholat. Ntar kalo aku udah dewasa dan ngerasa pengen sholat, ya udah aku sholat deh." Well, dia ngomongnya gak persis kayak gitu sih, tapi berdasarkan English comprehensionku ya artinya semacam itu. Aku jadi mikir, jreeng...ada ya hukum kayak gitu?

Anyhow, balik lagi ke masalah persholatanku. Karena susahnya sholat dengan tetap memperhatikan jadwal kegiatan orang-orang sekitar dan keadaan fisik ruangan, aku kadang-kadang memperbolehkan diriku sendiri untuk merangkap sholat walaupun nggak lagi bepergian jauh dan tayammum karena di kamar mandi lagi banyak orang jadi nggak mungkin kalo mau nyelup2in kaki di wastafel. Well...aku list aja deh apa aja yang pernah aku lakuin...
  1. Hostfamku kadang2 suka ngajakin makan di luar. Kita berangkat sebelum maghrib dan pulang pas isya. Akhirnya, aku menjamak sholat padahal jarak rumah-restoran cuma 20 menit perjalanan.
  2. Waktu ikutan high ropes course bareng exchangies yang lain, aku terjebak dalam perlengkapan security yang susah banget makenya. Kegiatan itu dimulai sekitar waktu dhuhur dan berakhir sampe maghrib. Karena aku udah bundled up di tali temali security plus winter jacket, akhirnya aku tayamum deh. Apalagi waktu itu aku baru selesai coursenya pas udah hampir gelap. Jarak antara tempat kita menginap dan tempat course-nya agak jauh. Akhirnya, aku lari-lari di salju yang cukup dalem dan nyamperin lodge kosong terdekat di tengah hutan dan sholat di situ deh...
  3. Christmas party-nya exchangies diadakan di sebuah high school cafetaria. Ketika tiba waktu dhuhur, aku sholat di ruangan penyimpanan bahan makanan (karena kita nggak boleh masuk ke area high school-nya). Sholat dengan dikelilingi tumpukan boks2 berisi tepung dan beras...hahaha, sounds exciting.
  4. Aku sempat diundang ke party-nya temenku, di rumah dia aja sih. Kita nonton film, sledding, sama makan-makan gitu ceritanya. Waktu sholat pun tiba. Aku minta ijin buat sholat di kamarnya. Tapi...aduuh, kamarnya kotor banget buk. Ceritanya, dia animal-lover gitu, jadi di kamarnya ada banyak kandang burung dan kadal. Jadilah banyak pup burung di lantai. Akhirnya aku sholat di kasur deh...karena ngerasa nggak sopan kalo berdiri di kasur, jadilah aku sholat sambil duduk.
  5. Sepulang sekolah, aku selalu naik bus sekolah. Perjalanan yang ditempuh adalah satu jam. Bulan Desember-Januari sempat membawa masalah. Pasalnya, aku sampai di rumah pada jam 4.30 pm, nah...pada bulan Desember-Januari, waktu maghrib adalah sebelum jam 4.30. Aku nggak sempet sholat ashar di sekolah karena sepulang sekolah aku harus ngejar bus. Jadilah, aku sholat di bus.
  6. Hari pertama di Busch Garden aku habiskan tanpa ada halangan, all day fun, karena aku lagi dapet, jadinya gak perlu susah2 nyari tempat sholat. Tapi seminggu kemudian ketika kami semua kembali ke Busch Garden karena dapet tiket gratis, aku udah suci. Jadi, di tengah hari, aku misah sama temen2ku buat nyari tempat sholat. Dan aku berakhir sholat di ruang first aid. Hihihi...untung ibu susternya baik hati. Yah, itulah tips buat temen2 yang mau pergi ke amusement park yang nggak punya musholla: sholat di first aid room aja...nyaman dan sepi, hehehe.
Yah, itulah sebagian cerita yang aku punya. Kadang-kadang aku ngerasa seneng banget setelah melalui berbagai halangan (lebay) sebelum akhirnya bisa sholat, soalnya berasa lega banget. Tapi, masih ada yang mengganjal di hati; sebenernya aku ini sholat karena kebutuhan, kewajiban, atau cuma kebiasaan ya?
Papaku pernah bilang, "Jadikan sholat itu kebutuhanmu" Tapi, sejauh ini aku ngerasa sholat itu kewajiban. Kalo aku nggak sholat, emang merasa berdosa dan ngerasa ada yang ilang, tapi kalo aku mau sholat, aku masih mikir "Aduuh, ntar nggak enak diliatin orang-orang" atau "Aduh, aku males njelasin ke ibu suster itu kalo aku harus sholat 5 kali sehari" atau "Aduh, kalo sholat sekarang, ntar nggak bisa naik roller coaster bareng temen-temen" or so on.
Rasanya susaaaah banget buat mengubah feeling itu. Duh, gimana ya buk? Kasi hidayah dong...
Tapi kata papa hidayah itu untuk dicari, bukan untuk ditunggu...
What should I do?

0 comments: