Tuesday, January 13, 2009

Learning by Falling






Hi there!!
In this time I will write in Indonesian, so I'm sorry for my non-Indonesian speaking friends if you got annoyed because you can't read this post. Nothing so important, actually, lol.

Hahaha...kangen nulis pake bahasa Indonesia nih. Niatnya sih pengen nulis blog pake English non-stop, buat ngelatih Bahasa Inggrisku yang setelah tinggal di US selama 6 bulan tapi nggak bgitu berkembang ini. Tapi apa daya... gara2 habis ngebaca blognya Raditya Dika yang nggak lucu tapi bikin ngakak itu, aku jadi tergelitik buat nulis pake bahasa pemersatu bangsa ini.


Yup, hari ini adalah hari selasa yang cukup pendek untuk anak ekuator macam aku ini. Matahari terbit jam 7.16 dan tenggelam jam 4.33 sore. So, aku memutuskan untuk puasa!! hahaha \^,^/
Emang sih hari ini bukan hari terpendek of the year (fyi. hari terpendek jatuh pada tgl 21 atau 20 Desember,, lupa! Sunsetnya jam 4.12), tapi lumayan juga kan buat puasa, hehehe
Apalagi utang puasa Ramadanku nyampe 8 hari : 7 hari karena natural reason, yang sehari gara2 kesiangan, lol.
Jadi, aku bangun jam 4 walaupun sebenernya agak kepagian trus tiptoed to the kitchen. Nggambil makanan apa adanya dari kulkas sama segelas susu coklat. Aku berusaha untuk nggak bikin suara apapun, soalnya kuping hostmomku rada tajem. Bisa2, aku ngejatuhin garpu dikit aja ntar dikirain maling. Yah, akhir-akhir ini hostmomku rada cemas-cemas gitu. Dua tetangga habis disatronin maling waktu mereka lagi tidur. Udah gitu, minggu lalu alarm pintu rumah bunyi padahal kita semua lagi pada di kamar en gak ada yang buka pintu. Yah, jangan kaget kalo aku bilang alarm pintu. Di sini emang setiap pintu dan jendela yang punya akses keluar rumah dipasangin alarm. Jadi tiap kali kita buka pintu, ada mbak-mbak yang bilang "bip bip bip... **** garage door" Yang dibintangin tuh bukan kata kotor, cuma aku nggak tau aja si mbak itu ngomong apa. So, cuma ada dua kemungkinan kenapa alarmnya bunyi tengah malem itu: maling chicken yang begitu alarmnya bunyi langsung ngacir atau super-squirrel bertenaga kuda yang bisa ngebuka pintu (??). Well, di sekitar rumah emang banyak tupai sih.
So, balik lagi ke puasa... habis sahur aku langsung roboh ke tempat tidur. Trus bangun dan mandi tepat waktu sehingga nggak ketinggalan bus sekolah.
Kegiatan di sekolah nggak terlalu menguras energi en nggak bikin keringetan. Secara, suhunya aja dibawah 0 derajat. Jadilah, puasa sama sekali nggak terasa.
Setelah sempet ngiler sewaktu bikin pita bread (smoga bener tulisannya) di kelasnya Debbie, akhirnya tiba saatnya pulang sekolah. Perjalanan satu jam dari sekolah ke rumah dihabiskan dengan : sholat ashar en tidur!
Begitu nyampe rumah,, ehh..udah jam setengah lima! Buka kulkas en langsung buka puasa deh. Senangnyaa.... Jadi inget gimana perjuangan waktu puasa Ramadan kemaren. Buka puasanya jam setengah delapan bok! Mantab abis!

Bedewe, hari ini aku dapet kabar dari sekolah kalau ski club hari jumat minggu ini bakal di-cancel due to a freezing cold temperature yang katanya sampe -10 F. Kecewa berat deh...padahal aku lagi semangat2nya belajar ski T,T. Klub ski minggu lalu bener2 memalukan. Jadi, aku sekelompok sama Elliot, Jade (seumuran), Ila, en Toby (yang anak TK). Ceritanya, kita ini masuk kelompok beginner. Nah, setelah diajari trik2 dasar, kita disuruh nyoba nyeluncur dari bukit yang sama sekali nggak curam. Pertama, Elliot: sukses! Kedua, Ila: dapet pujian bertubi2 dari coachnya. Ketiga, Toby: nyeluncurnya masih nyandet2 tapi lumayan lah. Keempat, eh Jade belom dateng. So, kelima, aku: hwaaa....gak bisa ngerem...gubrak! jatoh deh...susah banget berdirinya...
Bahkan buat jalan pake ski boardnya aja aku kesusahan. Bolak-balik aku tergelincir. Tapi untungnya lama-kalamaan aku jadi kebiasa. Hasilnya: aku bisa jalan pake ski-board yang notabene keliatan kayak orang kena polio.
Step 1: succeed
Step 2: disuruh bikin belokan
Karena aku bukan fast-learner, sampe lessonnya selesai (1 jam) aku belom bisa juga. Setelah coachnya pergi, aku melanjutkan perjuangan. Naek magic mat ke ujung bukitnya barengan anak2 TK, trus nyobain nyeluncur. Lagi, lagi, dan lagi.
30 menit kemudian...
Yay!! bisa belok kanan!
Entah kenapa, buat belok kiri aja susah banget -_-!


Hal yang sama terjadi waktu aku nyobain ice skating. Pertama kalinya aku ice skating, aku pergi bareng Kunzang. Nggak gagal2 amat, soalnya sejam kemudian, aku uda bisa nyeluncur tanpa pegangan (walaupun gak cepet- cepet amat). Tapi tetep....falling down on my butt is a part of it. Kalo nggak salah aku jatuh sampe 6 kali. Sampe diliatin sama anak2 kecil. It's not that bad, tho... mungkin mereka ngira aku ini foreigner dari penampilanku..jadi semoga aja mreka maklum, hehehe
Kedua kalinya ice skating, aku pergi berdua sama Zhanar di ice rink yang berbeda. Jreeeng...aku balik lagi jadi dumb-dumb. Es-nya kerasa beda en lebih keset, jadinya agak susah buat nyeluncur. jadilah Zhanar ngajarin aja mulai dari zero. Ditengah2 private lessonku sama Zhanar, dia bilang, "Hey, look at the guy in the middle! He always here every time I come. And I've been here 10 times. "
She referred to a guy who was spinning like a ballerina in the middle of the rink. Keren banget sih muter2nya...tapi gay banget deh jadinya. Jadi ilfil...
Btw, balik lagi ke ice skating. Selama sejam aku skating, aku nggak berkembang juga. Emang sih, aku udah gak pegangan tembok (tapi pegangan tangannya Zhanar, hehehe)...tapi aku belom bisa ngeluncur dengan mulus gitu. Ujung2nya pasti jatoh lagi. In the end, I found out what my problem was: I'm too scared of falling down. Karena aku takut jatoh, aku cuma ngambil langkah pendek pendek yang menurut Zhanar malah bikin aku kehilangan keseimbangan. Jadinya, my fear of falling down made me fell down.



oke...lain kali aku nyoba lagi deh...
So, my lesson today is: jangan takut jatuh kalo kamu pengen berhasil.
nggak cuma dalam hal ice skating dan skiing aja, dalam kehidupan sehari-hari kita juga menerapkan prinsip itu. Ibaratnya, jangan takut remidi kalo kamu pengen dapet ranking (lho?)

0 comments: